Pasar Tradisional dan Pasar Modern

Tuesday, June 8, 2010

Keberadaan Pasar Tradisional kini semakin sedikit karena keberadaan pasar modern yang telah berkembang di setiap kota. Pasar modern tidak hanya dijumpai di kota-kota besar tetapi kini sudah merambat ke kota-kota kecil. Hal ini juga dipicu oleh gaya hidup masyarakat yang juga semakin modern. Berbagai macam pasar modern antara lain, mall, supermarket, minimarket, department store, shopping centre, swalayan, maupun toko serba ada. Kebanyakan masyarakat kini lebih suka berbelanja di pasar modern terutama dikalangan menengah ke atas dikarenakan pasar modern memiliki tempat perbelanjaan yang bagus, nyaman, bersih. Perkembangan pasar modern sekarang ini hingga ke daerah-daerah yang berdekatan dengan pasar tradisional. Ini tentunya dapat menyebabkan konsumen dari pasar tradisional berpindah belanja ke pasar modern.

Hal ini tentunya merupakan ancaman bagi para pedagang di pasar tradisional yang merupakan golongan menengah kebawah. Kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya mengantisipasi masalah ini, peduli dan melestarikan pasar tradisional. Yaitu dengan cara revitalisasi pasar tradisional. Menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menata dan mempertahankan pasar tradisional dimana pasar tradisional selama ini selalu identik dengan tempat belanja kumuh, bau serta becek sehingga hanya didatangi oleh kelompok masyarakat kelas bawah saja. Gambaran mengenai pasar tradisional yang seperti itu harus diubah menjadi tempat berbelanja yang bersih dan nyaman sehingga masyarakat dari semua kalangan akan tertarik untuk datang dan melakukan transaksi di pasar tradisional. Selain revitalisasi pasar, pemerintah juga seharusnya melakukan pembatasan tempat berdirinya pasar modern, yakni hanya berdiri di kota-kota besar saja. Karena hal ini dapat mengimbangi perkembangan pasar tradisional, yakni mengurangi persaingan dengan pasar modern.

Apabila hal diatas dapat terlaksana dengan baik, niscaya pasar tradisional akan tetap terjaga dan terlestarikan. Jika pasar tradisional terlestarikan, maka kita juga turut meningkatkan kesejahteraan para pedagangnya. Beberapa keuntungan yang didapat ketika berbelanja di pasar tradisional yaitu:

· Belanjaan yang lebih murah, harga barang di pasar tradisional pastinya lebih murah dari harga barang yang ada di supermarket. Seperti sayur-sayuran, bumbu-bumbu dapur, dan buah-buahan.

· Produk Segar, selain harga barang yang lebih murah, kesegaran produk seperti sayur-sayuran, daging, ikan dan barang lainnya lebih segar daripada yang ada di supermarket. Karena pasokan barang di pasar tradisional itu lebih sedikit sehingga produk setiap hari berganti dan ini tentunya menyebabkan produk lebih segar. Selain itu barang yang ada juga tidak menggunakan bahan pengawet.

· Tawar- menawar, Berbelanja di pasar tradisional pembeli dapat melakukan tawar menawar dengan penjual. Berbeda di pasar modern, pembeli tidak mungkin melakukan tawar menawar karena semua barang telah terpasang label harga yang tidak bisa ditawar lagi. Jika pembeli pintar menawar, barang bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah. Selain itu proses tawar-menawar harga juga dapat memungkinkan terjalinnya kedekatan antara penjual dengan pembeli yang tidak didapatkan ketika berbelanja di pasar modern.

0 comments:

Post a Comment