Arti Suara (beep) Saat Booting

Friday, March 12, 2010

Pada saat komputer dinyalakan maka akan terdengar suara yang keluar dari speaker internal casing yang terhubung ke mainboard. Suara ini dinamai dengan Beep. Suara yang dikeluarkan bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi komputer saat itu. Dengan mengerti arti suara beep saat booting maka kita dapat mengetahui kondisi komputer tersebut dan segera dapat diatasi.

Suara beep ada beberapa macam, yakni;

  1. Beep pendek 1 kali berarti komputer berjalan dengan lancar.
  2. Beep panjang 1 kali berarti ada permasalahan pada memori.
  3. Beep panjang satu kali yang diikuti dengan beep pendek 3 kali berarti ada permasalahan pada VGA Card (kartu grafis). Periksa VGA Card dari beberapa kemungkinan, seperti kurang terpasang dengan benar ke soketnya, bagian bawah VGA yang kotor (berwarna keemasan), ketidakcocokan VGA dengan mainboard, dll.
  4. Beep pendek berulang-ulang berarti ada permasalahan pada mainboard. Kita bisa memeriksa kondisi mainboard, mengecek perangkat hardware yang terpasang ke mainboard, memeriksa semua kabel data, kabel power dan sebagainya.
  5. Jika tidak ada suara sama sekali, tidak dapat dipastikan bagian mana dari perangkat hardware yang mengalami masalah. Kita bisa memeriksa seluruh bagian dari perangkat hardware, membongkar semua isi casing lalu dipasangkan kembali dengan benar dan membersihkan debu-debu yang menempel.

Dengan mengetahui dari isi suara beep tersebut, maka permasalahan pada komputer dapat lebih cepat diketahui dan dapat segera mengatasinya

0 comments:

Post a Comment