Cache pada Prosesor

Tuesday, June 8, 2010

Cache dapat diartikan sebagai sebuah ruang pada prosesor yang mempunyai fungsi tempat penyimpanan data. Semakin besar cache sebuah prosesor maka akan semakin cepat kinerjanya karena memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar. Rata-rata prosesor memilki L2 cache yang lebih besar antara 2- 16 MB.

Ada beberapa jenis cache, mulai dari L1 Cache, L2 Cache, L3 Cache. L1 Cache merupakan yang paling dekat dengan prosesor sehingga merupakan cara tercepat untuk mengekskusi data.

Ketika mengoperasikan komputer maka data dari hardisk akan dipindahkan ke RAM (memory). Data dari RAM ini kemudian akan dipindahkan juga ke cache pada prosesor. Jika dilihat dari segi waktu kecepatan akses yang dilakukan oleh prosesor, data yang diambil dari L1 Cache merupakan yang paling cepat, diikuti oleh L2 Cache, L3 Cache, lalu RAM.

Untuk perbandingan, waktu yang dibutuhkan prosesor unutk mengakses data dari l2 Cache memiliki kecepatan 2-3 kali lipat bila dibandingkan dengan mengambil dari RAM. Oleh karena itu, Cache pada prosesor memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kecepatan akses data.

0 comments:

Post a Comment