Rencana Kerja dalam Organisasi

Tuesday, November 24, 2009


Rencana kerja merupakan sebagai pusat keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara jelas dan terarah tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang di dalam pencapaian suatu tujuan sebelum organisasi itu didirikan, karena tanpa adanya rencana kerja ,maka tidak ada dasar untuk melaksanakan segala kegiatan organisasi yang telah didirikan.

Untuk memperoleh rencana kerja yang baik beberapa hal harus diperhatikan yaitu, Kegiatan apa yang akan dilaksanakan, Mengapa kegiatan itu dilakukan, bagaimana cara melakukan kegiatan itu, siapa-siapa saja yang akan terlibat dalam kegiatan itu, kapan dan dimana kegiatan itu akan dilakukan. Setelah hal-hal diatas terpenuhi maka pelaksanaan kegiatan dalam suatu organisasi akan berjalan dengan baik.

Misalnya dalam OSIS. OSIS melaksanakan suatu kegiatan sosial, Membantu saudara – saudara panti asuhan. Kegiatan itu dilakukan untuk membantu saudara-saudara yang ada di panti asuhan, saling membantu dalam kehidupan. Cara melakukannya, dengan adanya kegiatan itu maka semua siswa yang ingin membantu saudara-saudara dapat berpartisipasi dengan cara dapat menyumbang berupa uang, pakaian, makanan, maupun keperluah sehari-hari lainnya. Semua siswa diajukan untuk terlibat dalam masalah ini. Dan ditentukan kapan kegiatan itu akan dilaksanakan. Setelah rencana kerja dalam kegiatan terperinci secara jelas dan terarah maka hanya tinggal menjalankan kegiatan itu dengan penuh tanggungjawab.

Tetapi sebaliknya jika dalam menjalankan kegiatan itu tidak memiliki rencana kerja yang jelas segala kegiatan dalam suatu organisasi tidak akan berjalan dengan baik atau disebut juga salah langkah. Dengan terjadinya salah langkah maka setiap anggota akan saling menyalahkan. Hal ini akan memperburuk kegiatan yang telah dilaksanakan.

Oleh sebab itu sebelum menjalankan kegiatan dalam organisasi harus mempunyai rencana kerja yang matang agar kedepannya berjalan dengan baik dan memajukan organisasi itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment