Misi dalam Organisasi

Tuesday, November 24, 2009


Misi adalah salah satu yang terpenting dari ketujuh syarat didirikannya suatu organisasi. Misi merupakan suatu tujuan. Tanpa suatu misi ataupun tujuan yang jelas maka organisasi itu akan bingung. Maksudnya bingung disini adalah bingung apa maksud dan tujuan didirikannya organisasi itu. Tanpa misi ini organisasi tidak akan berjalan dengan lancar.

Dengan misi yang tidak jelas akan menghambat jalannya organisasi, kemana arah organisasi itu berdiri.

Contohnya organisasi yang ada didalam sekolah, OSIS.

Setiap pemilihan kepengurusan OSIS yang baru akan membutuhkan prospek yang akan dijalani kedepannya. Setiap pemilihan kepengurusan didalamnya pasti terlebih dahulu mengutarakan misi yang akan dicapai setelah OSIS itu dijalankan. Baru setelah itu akan diadakan pemilihan anggota-anggotanya yang akan membantu kepengurusan dalam menjalankan misinya. Tentu sebelumnya misi ini harus jelas dan bertujuan demi kepentingan sekolah pada umumnya dan juga mengembangkan siswa siswinya kearah yang lebih baik, kemana arah OSIS itu didirikan, hal apa saja yang harus dilakukan jika menemukan suatu masalah, dan hal apa saja yang harus dilakukan supaya siswanya berkembang kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Apabila tidak mempunyai misi yang jelas OSIS tidak akan berdiri. Hal ini jelas, karena dengan misi yang tidak jelas maka organisasi itu akan bingung dalam menjalankannya, tidak jelas dalam pemecahan sutu masalah yang terjadi.

Selain itu pimpinan dari pihak sekolah tidak akan mengijinkan organisasi itu berdiri dengan kepengurusan OSIS yang tidak mempunyai misi yang jelas. Untuk apa organisasi itu berdiri, karena hanya akan menyebabkan masalah yang baru.

Dari contoh diatas, misi sangat memiliki peran penting dalam organisasi. Untuk memperoleh misi yang baik ini terlebih dahulu harus ada musyawarah antara setiap anggota untuk mencapai mufakat. Karena misi dari organisasi harus dapat diterima dan dipahami oleh angota-anggotanya dan mempunyai suatu kesatuan dalam mewujudkan tujuannya.Sehingga nantinya dalam pembagian tugas setiap anggota dan penempatanya dapat berjalan dengan lancar, tanpa harus bingung-bingung lagi dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.

0 comments:

Post a Comment