Menghapus Context Menu

Monday, October 31, 2011
Context Menu adalah apabila kita meng-klik kanan sebuah file akan muncul beberapa pilihan menu yang dapat kita gunakan. Banyak aplikasi yang secara otomatis menambahkan dirinya kedalam Context Menu agar mudah untuk digunakan. Terkadang, kita tidak ingin menu yang jarang atau hampir tidak pernah kita gunakan untuk muncul di Context Menu dan apabila kita tidak ingin menginstalnya, kita bisa sebenarnya membuang Context Menu ini. 

Microsoft tidak menyediakan cara yang mudah untuk membuang Context Menu yang ditambahkan oleh aplikasi dan biasanya kebanyakan aplikasi juga tidak menyediakan pilihan untuk meniadakan Context Menu ini. 

Untuk membuang Context Menu, dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini: 
  1. Klik tombol start dan ketikkan perintah “regedit” kemudian Enter
  2. Akses kedalam HKEY_CLASSES_ROOT. Didalam folder ini kita bisa melihat berbagai extensions yang dikenali oleh aplikasi-aplikasi komputer yang kita gunakan. Kita akan melihat semua folder dengan nama extensions yang terdaftar didalam komputer kita. 
  3. Untuk program yang selalu ditampilkan di context menu, kita bisa mengakses folder HKEY_CLASSES_ROOT/*/Shellex/ ContextMenuHandlers. Didalam folder ini, kita bisa aplikasi-aplikasi yang menambahkan dirinya kedalam Context Menu global. Contohnya adalah WinRar yang selalu ditampilkan oleh Context Menu, tidak perduli jenis file apa yang kita pilih.
  4. Tekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga dengan klik kanan pada foldernya langsung kemudian pilih Delete untuk menghapus Context Menu program yang ingin kita hilangkan. 
  5. Selesai.

0 comments:

Post a Comment