Manajemen Strategis

Thursday, January 7, 2010

Manajemen Strategis dapat diartikan suatu proses dalam organisasi dalam menetapkan suatu tujuan dengan mengembangkan dan menjalankan perencanaan dengan target waktu, dan tujuan yang jelas.

Menurut beberapa pendapat Manajemen strategis adalah

§ Suatu seni dan ilmu pembuatan (formulasi), penerapan (impelemntasi) dan evaluasi keputusan-keputusan strategis antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuan di masa yang akan datang. (Agustinus Sri W., 1987, Manajemen Strategik: Pengantar Proses Berpikir Strategis, Binarupa Aksara)

§ Proses penetapan tujuan organisasi, mengembangkan kebijakan dan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengalokasikan sumberdaya untuk implementasi rencana-rencana tersebut. (http://www.encyclopedian.com)

Dalam pelaksanaanya, manajemen strategis mendefinisikan kegiatan organisasi dengan menetapkan menetapkan visi dan misi organisasi. Dengan menetapkan visi dan misi, merupakan proses merencanakan masa depan organisasi. Perencanaan tersebut meliputi kinerja organisasi dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang, juga mengenai menghadapi masalah yang akan timbul.

Setelah mendefinisikan kegiatan organisasi langkah selanjutnya adalah menetapkan strategi untuk mengimplementasikan tujuan organisasi yang terukur sehingga prospek kedepan visi dan misi jelas dan dapat dijalankan dengan baik. Setelah tujuan selesai ditetapkan langkah terakhir dengan melakukan evaluasi terhadap rencana-rencana yang telah dibuat sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment