Permintaan dan Penawaran

Monday, March 22, 2010

Permintaan

Permintaan adalah kemampuan pembeli untuk membeli berbagai jumlah produk atau barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu yang sama.

Hukum permintaan (ceteris paribus) berbunyi jumlah produk yang diminta berbanding terbalik dengan harga, maksudnya adalah jika harga barang naik maka jumlah permintaannya akan turun dan sebaliknya. Tapi kondisi tersebut berlaku jika hanya dalam sifat ceteris paribus yang berarti semua faktor yang mempengaruhi berlakunya hukum permintaan dianggap tetap. Sebagai contoh, ketika waktu lebaran maupun pada saat tahun baru harga tiket pesawat, kapal laut, maupun bus akan naik. Jika hal ini dikaitkan dengan hukum permintaan (ceteris paribus) maka permintaan akan turun. Tapi jika dilihat pada kenyataanya, hal ini tidak berlaku secara mutlak karena pada waktu tertentu walaupun harga naik masyarakat tetap membeli tiket tersebut.

Faktor – faktor yang menyebabkan keadaan ( hukum permintaan tak berlaku ) tidak menjadi ceteris paribus dan mempengaruhi permintaan masyarakat adalah :

1. Selera masyarakat

Selera masyarakat sangat berpengaruh terhadap keinginan masyarakat untuk membeli suatu barang. Sebagai contohnya, dikalangan masyarakat sekarang banyak yang menyukai blackberry. Tetapi bisa saja beberapa tahun mendatang selera masyarakat akan berubah dengan munculnya handphone yang lebih bagus lagi.

2. Jumlah pendapatan

Semakin menurun jumlah pendapatan maka akan semakin sedikit pula jumlah permintaan, dan sebaliknya jika jumlah pendapatan meningkat maka jumlah permintaan semakin meningkat juga.

3. Intensitas kebutuhan

Kebutuhan masyarakat akan berbeda pada waktu tertentu. Misalnya pada musim hujan, permintaan akan payung akan lebih tinggi dibandingkan pada musim kemarau.

4. Adanya barang Substitusi

Kaitan suatu barang tertentu dengan barang lainnya bisa secara substitusi. Misalnya Pensil A digantikan dengan Pensil B. Jika suatu saat harga pensil A mengalami kenaikan maka masyarakat akan memilih pensil B dengan harga yang tetap.

Jadi jika dilihat dari hal diatas hukum permintaan(ceteris paribus) tidak berlaku mutlak seperti dalam ilmu eksakta melainkan hanya merupakan tendens saja yaitu suatu kecenderungan yang akan berjalan terus tetapi belum dapat dipastikan kebenarannya.

Penawaran

Penawaran dapat diartikan kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah produk/barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu yang sama.

Hukum penawaran menyatakan bahwa jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga. Yang berarti jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan sebaliknya jika harga turun maka jumlah barang yang akan ditawarkan akan turun juga (ceteris paribus).

Jika di dalam pasar ada permintaan pasti juga ada penawaran yang dilakukan. Permintaan akan terjadi jika penjual dapat menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Pada awalnya, bila barang dagangan ingin laku maka penjual harus dapat menawarkan barang dagangannya kepada pembeli. Oleh karena itu penawaran datang dari para penjual. Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada yang sama.

Faktor – faktor yang menyebabkan hukum penawaran tak berlaku atau keadaan menjadi tak ceteris paribus lagi adalah :

1. Kemampuan produsen untuk berproduksi

2. Ketersediaan faktor Produksi

3. Banyaknya perusahaan

4. Jumlah permintaan yang dihadapi perusahaan.

0 comments:

Post a Comment